Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Rabu, 21 Desember 2011

Bagaimana Kondisi SI Saat Ini?



Sistem Informasi merupakan salah satu jurusan yang ada di ITS dibawah naungan FTIf. Sudah beberapa bulan saya hidup di kampus SI dan mengamati banyak hal. Mulai dari sarana prasarana, dosen-dosen, dan juga kakak-kakak mahasiswa lama. Jika berbicara tentang kondisi SI saat ini, saya mungkin masih belum terlalu mengetahui perbedaan dari yang dulu. Namun disini akan saya ceritakan sesuai dengan apa yang saya ketahui.


Kemarin lalu, ada pemilihan kajur untuk jurusan Sistem Informasi. Dan ternyata yang memenangkan pemilihan kajur periode ini adalah Bapak Dr. Eng. Febriliyan Samopa S.Kom, M.Kom yang akrab dipanggil Pak Iyan. Beliau menggantikan posisi Bapak Holil yang periode lalu menjadi Kajur Sistem Informasi. Beliau pun mundur dari jabatannya yang dulu sebagai Kepala Lab E-Business.

Beberapa waktu yang lalu, dalam rangka terpilih menjadi seorang kajur baru, Pak Iyan mengadakan acara Open Talk. Disitu beliau menerangkan berbagai visi dan misi kedepannya yang beliau punya untuk SI sendiri. Beliau menginginkan bahwa para mahasiswa SI akan mulai masuk lab di tahun kedua atau tahun ketiga perkuliahan mereka di SI. Karena disini beliau tidak menginginkan hanya mereka yang sudah dekat dengan Tugas Akhir saja yang masuk lab. Para mahasiswa tingkat dua atau tiga juga bisa mengenal lab dari sekarang sehingga mereka tidak akan salah pilih nantinya dan gonta-ganti lab. Selain itu beliau juga memaparkan bahwa akan membangun dan mengadakan beberapa sarana yang dulunya tidak ada di SI. Gazebo dekat kantin, akan dijadikan sebuah tempat beratap yang nantinya akan lebih comfort untuk dijadikan tempat berdiskusi. Karena beliau menyadari bahwa banyak mahasiswa yang kepanasan saat berdiskusi di gazebo. Dan juga lapangan dekat kantin direncanakan untuk dirawat dan diberi sarana untuk olahraga. Selain itu beliau juga berencana mengadakan peralatan band yang nantinya bisa digunakan para mahasiswa ataupun bisa disewakan. 

Dilihat dari pemaparan Pak Iyan tersebut, bisa dikatakan beliau benar-benar menepati janjinya. Pembangunan gazebo yang ada saat ini tergolong cepat dan tidak lambat. Hanya dalam waktu beberapa minggu berjalan, mungkin sebentar lagi gazebo baru yang sudah beratap siap untuk digunakan para mahasiswa. Selain itu, diadakan juga pembangunan di daerah parkir motor. Karena memang pintu masuk parkir motor seringkali banjir saat hujan deras datang. Pembangunan untuk meninggikan jalan di depan pintu masuk parkir motor pun juga tidak memakan banyak waktu. Namun yang masih saya sayangkan disini, belum ada perbaikan di beberapa masalah yang ada di SI. Salah satunya yakni air. Seringkali air di mushalla mati sehingga menyulitkan beberapa mahasiswa yang ingin beribadah. Biasanya kami harus ke kamar mandi untuk wudlu, atau ke tempat Teknik Industri. Dan saya merasa kurang comfort dengan toilet yang ada di SI. Mungkin itu juga bisa dibenahi lagi kedepannya. Selain itu, saya juga merasa sedikit kecewa dengan AC di setiap ruangan kuliah. Seringkali tidak dinyalakan, bahkan pernah saat itu sedang pembelajaran KI didalam ruangan, ruangan kuliah terasa pengap dan sesak, sampai pintu ruangan harus dibuka agar ada udara yang masuk. Kalaupun dinyalakan, tidak terlalu membuat kita merasa sejuk. Hanya saat ada event-event tertentu, AC ruangan terasa lebih sejuk daripada biasanya. Itulah yang saya rasakan selama ini, mungkin terlihat sedikit sepele, namun ini juga merupakan masalah yang ada dan nyata.

Overall, perubahan yang dibawa oleh kajur baru saat ini menunjukkan ke arah yang positif. Semoga kedepannya beliau bisa menjadikan Jurusan Sistem Informasi menjadi lebih baik lagi. Atau bahkan mungkin bisa menjadikan lebih baik seperti negara tempat beliau mengenyam pendidikan S3, yakni Jepang.



1 komentar:

Akuaniss mengatakan...

iyalah perubahan ke arah yang positif.. kalo ke negatif, aneh lah, dev

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!