Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 17 Desember 2011

Madre, Warisan yang Mengejutkan


Judul                     : Madre
Penulis                  : Dewi “Dee” Lestari
Penerbit                : Bentang Pustaka
Tebal                    : 160 halaman

Sudah 5 tahun terakhir ini Dewi Lestari atau yang akrab disapa Dee ini tidak mengeluarkan buku hasil karyanya. Dan Madre ini merupakan kumpulan hasil karyanya selama 5 tahun terakhir. Memuat 13 karya dengan satu cerita utama yakni Madre.

 Diceritakan seorang pria bernama Tansen yang terkaget karena tiba-tiba didatangi seseorang yang menginformasikan bahwa ia mendapatkan warisan dari seorang pria Tionghoa bernama Tan. Mendengar namanya saja ia tak pernah, namun akhirnya ia telusuri jejak keberadaan seseorang yang mengetahui tentang warisan itu. Tak kalah kagetnya saat ia mengetahui bahwa warisan yang dimaksud adalah setoples adonan biang bernama Madre, adonan biang yang dulunya membuat semua roti untuk Tan de Bakker, toko roti milik kakeknya. Pak Hadi, orang yang memperkenalkannya pada Madre menceritakan bahwa adonan biang tersebut merupakan hasil percobaan neneknya bernama Lakhsmi percampuran antara air, tepung, dan fungi Saccaromyches exiguus. Dengan datangnya semua keanehan ini secara tiba-tiba dalam hidupnya, ia menuliskan semua cerita ke blog miliknya. Dan secara kebetulan seorang wanita bernama Mei tertarik pada Madre. Pada awalnya, Tansen berniat untuk menjual Madre pada Mei, namun melihat kecintaan Pak Hadi dan para mantan pekerja Tan de Bakker lainnya, ia mengurungkan niat itu. Ia pun akhirnya memutuskan hanya akan menerima orderan dari toko roti Mei. Namun ditengah proses pengerjaannya, dirasa banyak hambatan. Dan pada akhirnya, Mei dan Tansen bergabung untuk membangun kembali Tan de Bakker yang sudah lama tidur menjadi Tansen de Bakker. Dan juga membangun cinta diantara keduanya. 

Karya lainnya berisi curahan hati atas kecintaannya pada janin yang saat itu dikandungnya, beberapa puisi, pencarian cinta sejati, pertemuan dengan kekasih yang telah lama meninggalkan tanpa alasan, dan kisah cinta yang terjalin antara dua sahabat. Tak ada yang tak menarik dari buku Madre ini, semuanya ditulis dengan indah dan apik oleh Dee. Dengan pengetahuannya yang luas, ia menjelaskan setiap cerita dengan detil. Kata demi kata dirangkainya dengan menarik dan tidak biasa. Antara satu cerita dan cerita lain pun mengandung kekuatan cerita yang berbeda-beda. Seolah tercandu dengan semua ceritanya, kita akan kecewa saat menemukan fakta bahwa kita sudah menyelesaikan semua bab di buku ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Belum baca novel Dee yang ini, dev.
><

Devita Swadani mengatakan...

ayo ndang baca git :D hehe

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!