Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 19 Desember 2011

Mitos, Kenyataan atau Sugesti?



Mitos adalah hal yang kuat dan mentradisi di kalangan rakyat Jawa. Ada berbagai macam mitos yang ada dari jaman dulu hingga sekarang masih tersebar dari mulut ke mulut. Namun di era globalisasi seperti sekarang ini, apa mitos masih berlaku?
 
Saat ini banyak sekali mitos-mitos yang masih berkembang umumnya di masyarakat Jawa. Biasanya, seorang anak akan mendapatkan info mengenai mitos-mitos tersebut dari ibu ataupun neneknya, lalu mereka akan menceritakan lagi mitos-mitos tersebut pada teman-temannya. Hal inilah yang menjadikan mitos tidak lekang dimakan zaman, karena penyebarannya melalui mulut ke mulut dan masih banyak orang yang rasa hormat pada tradisinya kuat. Berikut adalah contoh-contoh mitos yang berkembang di masyarakat :
  • Kejatuhan cicak berarti akan ada nasib sial yang menimpa.
  • Jangan memakai payung didalam ruangan, pamali.
  • Kalau menyapu harus bersih, supaya jodohnya nanti cakep / cantik.
  •  Kalau makan harus dihabiskan, kalau tidak ayamnya nanti mati.
  • Anak cewek jangan bangun siang-siang, nanti rejekinya dipatuk ayam.
  • Jangan duduk di depan pintu, nanti susah dapat jodoh.
Setelah membaca beberapa mitos diatas, dari kata-katanya pun sudah terlihat bahwa itu tidak masuk akal. Apa hubungannya makanan yang kita makan tidak habis dengan ayam? Jika kita tidak punya ayam tentunya bukan masalah kan bagi kita? Namun, yang menjadikan mitos mudah dipercayai yakni karena pengakuan beberapa orang yang menyatakan hal-hal itu adalah benar. Secara otomatis kita akan terpengaruh dan mensugesti diri sendiri kalau itu adalah benar. Padahal belum tentu juga jika kita mengalami suatu hal, itu dikarenakan kita melanggar mitos yang ada.

Sebenarnya itu semua tergantung pada pilihan diri kita masing-masing mau mempercayai mitos yang ada atau tidak. Karena umumnya kita menaati mitos yang ada karena menjaga hormat pada mereka yang lebih tua dari kita dan menginformasikan mitos-mitos tersebut. Namun kembali lagi, jangan biarkan diri kita sendiri mensugesti sesuatu yang buruk karena nantinya kita akan mendapatkan hal buruk juga karena sugesti tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!