Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 19 Desember 2011

Jangan Mau Termakan Stres


Tidak jarang pada jaman ini, banyak orang mengaku bahwa waktu 24 jam dirasa sangat kurang. Jadwal kegiatan seabrek dalam sehari pastinya menguras kekuatan fisik dan mental. Ada yang bisa menghadapi itu semua dengan perasaan senang tanpa beban, namun tak jarang juga yang mengaku stres dan kewalahan. Sebenarnya apa sih penyebab utama stres? Banyak sekali jika kita mau menyebutkan satu persatu. Stres karena pekerjaan, stres karena banyak masalah dalam kehidupan, stres karena percintaan, dll.
 
Namun tentunya kita tidak mau terus-terusan merasa stres yang akhirnya membuat kita sakit kepala sehingga jadwal menjadi berantakan bukan? Oleh karena itu, kita sendiri harus mempunyai solusi ampuh saat stres melanda. Berikut adalah tips-tips yang mungkin bisa dicoba saat kita mengalami stres :
  • Tidur. Hal ini terdengar simple, namun sebagian besar orang pasti sudah merasakan efek yang diberikan oleh tidur disaat kita stres sangat besar bukan? Karena pada dasarnya, saat kita merasa stres, otak kita sudah tidak bisa berfungsi secara maksimal. Karena “capeknya” otak kita itu, maka jika kita ingin menggunakannya kembali, tentu harus “diistirahatkan” terlebih dahulu. Percayalah, meski tidur untuk beberapa menit saja bisa membuat pikiran lebih fresh!
  • Dengarkan musik. Saat pikiran sedang stres dan ruwet, umumnya kita membutuhkan ketenangan. Jika dirasa tidak ada waktu lagi untuk tidur, bisa mencoba untuk mendengarkan musik. Tidak harus lagu-lagu klasik yang menenangkan, lagu-lagu dari band favorit kita pun pasti cukup ampuh untuk mengusir benang ruwet yang ada dalam otak. Cukup dengarkan 2-3 lagu, akan bisa merefresh kembali otak kita.
  • Berteriaklah dengan lantang! Pasti banyak yang melihat para aktor / aktris televisi yang melakukan hal ini di sebuah sinetron berpikiran “Apa mereka gila?”. Sebenarnya tidak. Berteriak dirasa oleh beberapa orang akan membantu mereka untuk melepaskan beban yang ada didalam diri. Setelah berteriak, dirasa sebagian beban yang ada didalam diri itu hilang seiring dengan keluarnya teriakan lantang kita. Tidak percaya? Coba saja!
  • Berbagi dengan orang lain. Banyak orang bilang bahwa tidak baik menyimpan masalah seorang diri. Penyebab utama stres sendiri adalah banyaknya masalah sehingga kita merasakan sudah tidak kuat lagi untuk menghadapinya. Oleh karena itu, jika kita memiliki masalah yang dirasa cukup pelik, tak ada salahnya untuk mendiskusikan masalah itu dengan sahabat, orang tua, ataupun pacar. Karena disini kita bisa mendapatkan pencerahan masalah dilihat dari sudut pandang yang berbeda.
  • Berserah pada Yang Maha Segalanya. Hal ini tidak bisa dinamakan pasrah, karena memang kehidupan kita semua ini ada yang mengatur. Beribadah dirasa cukup membuat kita tenang. Saat beribadah, kita akan bisa melepaskan semua masalah yang ada dan menggantungkan pinta kita pada-Nya. Dengan begitu, hati akan menjadi lebih tentram dan damai.
Hal-hal diatas adalah sebagian kecil solusi untuk menghilangkan stres. Karena kembali ke pribadi masing-masing apakah solusi tersebut ampuh atau tidak. Karena pasti tingkatan stres masing-masing individu tidaklah sama dan cara mengatasinya pun bermacam-macam.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!