Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 19 Desember 2011

Bikin Media Presentasi yang Nyenengin


Presentasi, memang sudah bukan hal baru lagi bagi kita. Seiring dengan banyaknya pengalaman kita untuk berpresentasi didepan umum, pastinya softskill sudah terasah dengan sendirinya. Kita bahkan mungkin sekarang sudah tahu bagaimana gaya presentasi yang benar dan menyenangkan untuk pendengar. Namun hal yang tak kalah penting dalam berpresentasi adalah media yang digunakan untuk membantu kita presentasi, seperti contoh powerpoint atau yang biasa disingkat PPT.


Tidak banyak orang yang mengetahui teknik dalam membuat PPT yang benar. Mereka umumnya hanya akan menempelkan informasi-informasi yang akan disampaikan di PPT tersebut. Tidak ada seni didalamnya. Sehingga kadang kala, meskipun cara presentasi kita sudah baik, pendengar menjadi malas karena melihat PPT kita yang dinilai mereka buruk. Berikut ada beberapa tips cara untuk membuat PPT yang menarik :
  1. Jangan memakai template yang rame dan sudah banyak digunakan. Seringkali, orang-orang memakai template PPT dengan gambar-gambar ramai  yang mereka rasa bagus, namun itu justru membuat informasi-informasi yang akan kita sampaikan jadi tidak menonjol. Pakai template yang simple dan tidak “heboh”, sehingga audience lebih mudah menangkap informasi dari PPT kita tersebut. Selain itu juga jangan memakai template yang sudah sering dipakai dimana-mana, karena audience juga pasti akan bosan melihatnya.    
  2. Buat presentasi yang audience-oriented. Jangan hanya mengedepankan kesukaan pribadi dalam membuat suatu PPT, karena bisa jadi orang-orang justru tidak menyukainya. Karena memang pada dasarnya kita membuat PPT ini untuk para audience, bukan untuk diri kita sendiri. Oleh karena itu, kita juga harus menyesuaikan dengan selera audience.
  3. Jangan memakai lebih dari 3 font dalam satu slide dan pilih font yang cocok. Dalam satu slide hendaknya jangan memasukkan berbagai macam font yang berbeda-beda sehingga membuat bingung mereka yang melihat. Selain itu, kalau bisa, pilih font yang cocok dengan tema materi yang akan disampaikan. Jika kita akan menyampaikan materi tentang IT, bisa menggunakan font seperti huruf digital.
  4. Buat skenario untuk PPT kita. Ini hal yang paling penting. Jangan membuat PPT yang mengalir apa adanya. Buatlah skenario semenarik mungkin dari awal hingga akhir dengan runtut sehingga audience akan selalu ingin mendengarkan presentasi kita dari awal hingga akhir. Hal inilah yang belum bisa diterapkan oleh orang-orang pada umumnya. Namun patut dicoba dari sekarang karena memang sebuah skenario itu penting untuk membuat PPT yang menarik.
Itulah beberapa trik untuk membuat PPT presentasi agar lebih menyenangkan untuk para audience. Tidak perlu mengikuti seminar seharga jutaan rupiah untuk mengetahui cara membuat PPT yang baik. Karena dengan info diatas kita juga bisa membuatnya sendiri dengan lebih baik. Tergantung dari kita mau menerapkan trik-trik diatas atau tidak. Selamat bereksperimen!

0 komentar:

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!