Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Blogger Template From:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Senin, 19 Desember 2011

Masih Ingin Terus Jadi Anak SMA



Apakah judul diatas juga ada pada benak kita? Kita yang baru merasakan bangku perkuliahan ataupun yang sudah lama duduk di bangku perkuliahan pasti pernah terpikirkan hal ini.  Tidak bisa dipungkiri bahwa masa-masa yang paling indah adalah masa-masa waktu kita SMA. Tapi dulu waktu SMA kita ingin cepat-cepat lulus dan kuliah, dan sekarang saat sudah jadi anak kuliahan malah ingin balik ke SMA. Itu kan kenyataannya? Lalu maunya apa?
Saat kita SMA dulu, kita berada dalam masa remaja dimana masa transisi dari anak-anak ke dewasa. Tentunya di masa ini kita masih labil dan emosi sulit dikendalikan. Sehingga saat SMA dulu, tak jarang kita menghabiskan sebagian waktu yang kita miliki untuk bersenang-senang. Tak bisa dipungkiri bahwa hedonisme merupakan landasan hidup anak SMA pada umumnya. Dan setelah menyadari hal ini, kita juga pasti tidak kaget jika dulu saat SMA mengapa ingin cepat-cepat kuliah. Supaya dianggap dewasa? Untuk keren-kerenan? 


Dan setelah kita menginjak bangku perkuliahan, kita sudah bukan lagi anak remaja. Umur kita sudah 17 tahun ataupun lebih sehingga kita pantas disebut sebagai manusia dewasa. Dan ada orang yang bisa dengan cepat menerima perubahan itu, ada juga yang belum bisa menerima kenyataannya. Mereka yang bisa dengan cepat menerima perubahan akan langsung menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada. Dan mereka sadar, ini masih dunia perkuliahan, belum the real world yang ada di luar sana. Oleh karena itu mereka mencari berbagai pengalaman di bangku perkuliahan agar nantinya bisa survive di dunia luar yang sesungguhnya. Namun mereka yang belum bisa menerima kenyataan bahwa mereka sudah dewasa mengalami banyak kesulitan. Indikasi awalnya adalah ingin balik ke masa SMA, karena mereka sadar bahwa saat SMA mereka bisa melakukan apa saja “semau gue”. Disini mereka kaget dengan sistem perkuliahan yang tentunya sangat berbeda dengan masa SMA dulu. Disini dituntut untuk independent, dan mereka tidak terbiasa dengan hal itu. Mereka terbiasa dengan materi yang sudah disiapkan oleh guru-guru pada jaman SMA, dan tidak terbiasa untuk belajar sendiri dan mencari informasi-informasi sendiri. Selain itu mereka juga kewalahan dalam memanajemen waktu, dimana dulu di SMA banyak sekali freetime yang bisa dihabiskan hanya untuk sekedar hang-out dengan teman-teman, sekarang jadwal kuliah tidak teratur dan waktu akan habis untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. 

Tidak mau kan dianggap sebagai orang dewasa yang selalu ingin jadi remaja? So, stop berpikiran untuk ingin terus balik ke masa SMA, karena di bangku perkuliahan ini kita bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman lebih lagi yang akan membantu kita di kehidupan kedepan nantinya. Stop berpikiran bahwa hidup ini hanya untuk senang-senang, karena dunia ini hanya menerima mereka yang mau bekerja keras.

4 komentar:

zwharei mengatakan...

kadang kangen sama sahabat yang ada di SMA po T.T

Emilia Yulisita mengatakan...

Akuu jugaaa :(

Kangen sama hal-hal konyol yang pernah aku lakuin pas jaman SMA, haahaa :D

-DA- mengatakan...

iya kayaknya emang faktor belum siap dibilang dewasa deh poo, ga bs dipungkiri, kalo uda kuliah gini berasanya ya Allah waktu berputar cepat sekali, bahkan beberapa tahun lagi umur kita uda bukan belasan -______________- sedih T.T

Devita Swadani mengatakan...

kalo temen-temen SMA sih gak usah ditanya bakalan ngangenin terus ><

zakiah : oh iya aku maklum kan km masih kecil :p

Posting Komentar

 
 

Designed By Blogs Gone Wild!